Translate

Rabu, 19 September 2018

Mengenal Sistem Operasi Linux Secara Singkat,Padat & Jelas

Assalamuaikum teman" blogger, kali ini saya akan berbagi sedikit informasi tentang sistem operasi linux. Sebelum kita masuk ke pembahasan sistem operasi Linux ada baik nya kita mengetahui terlebih dahulu apasih yang di maksut "sistem operasi"?

Sistem Operasi adalah sebuah program atau perangkat lunak yang berfungsi sebagai jembatan atara komputer dengan user/pengguna, tanpa sistem operasi kita sebagai pengguna tidak akan bisa mengoperasikan komputer.

nahh setelah kita mengetahui penjelasan singkat tentang sistem operasi, yuk kita lanjut membahas sistem operasi Linux... 

Sistem Opeasi Linux itu adalah sebuah sistem operasi open source/ free yang bersifat multi user dan multi tasking. Artinya lebih dari satu user dapat masuk ke Linux yang sama pada waktu yang sama dan aplikasi yang berbeda. Linux juga multi-tasking, artinya user dapat mengeksekusi lebih dari satu proses (program) pada waktu yang sama.


sebagai suatu sistem operasi, Linux secara umum memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan. berikut adalah kelebihan dari linux:
 
1.      Bersifat bebas dan terbuka, tanpa biaya untuk memperolehnya.
2.      Bisa dioperasikan dengan mudah.
3.      Banyak aplikasi windows yang bisa dijalankan.
4.      Pengamanan anti virus lebih unggul.
5.      Sesuai bagi pengguna PC yang spesifikasinya minim.
6.      Bisa bekerja di dua mode.
7.      Lebih stabil sehingga jarang nge-hang.
8.      Mempunyai komunitas di penjuru dunia.
9.      Mempunyai ragam pilihan, seperti fedora, ubuntu, centos, debian, redhat, dan sebagainya.

Adapun kekurangan Linux:

1.      Banyak user belum terbiasa.
2.      Hardware dari vendor tertentu kurang mendukung.
3.      Instalasinya tidak segampang windows.
4.      Aplikasinya tidak seampuh windows.
5.      Perlu kerja keras dalam mempelajarinya jika bleum terbiasa.
6.      User yang biasa memakai windows akan kebingungan dalam hal hak akses dan struktur direktori.

Setelah mengetahui pengertian, kelebihan dan kekurangan system operasi Linux berikut adalah macam-macam Distro Linux yang umum dan sudah diketahui banyak orang :


1. Red Hat

   Red Hat ini merupakan salah satu Distro Linux yang dikembangkan oleh salah satu perusahaan bernama Red Hat Inc dan seringkali juga disebut Red Hat Linux namun pada tahun 2003 diganti menjadi Red Hat Enterprise Linux khusus untuk lingkungan perusahaan. Sistem operasi yang satu ini juga yang pertama kali mempopulerkan penggunaan sistem RPM Package Manager.


2. CentOS

   CentOS merupakan singkatan dari Community Enterprise Operating System dan merupakan salah satu contoh Distro Linux yang dikembangkan oleh The CentOS Project. Sistem operasi ini dibuat menggunakan kode sumber yang berasal dari Red Hat. Oleh karena itu, dalam hal produk CentOs ini sangatlah mirip dengan Red Hat Enterprise Linux.


 3. Fedora

   Fedora ini merupakan salah satu Distro Linux yang dkembangkan karena disponsori dan didukung oleh Red Hat namun dibuat oleh tim khusus bernama Fedora Project. Bahkan nama Fedora ini diambil dari salah satu karakter dalam logo Red Hat itu sendiri. Sama halnya dengan Red Hat, sistem operasi Fedora juga menggunakan sistem RPM Package Manager.


4. openSUSE

   openSUSE ini juga termasuk salah satu sistem operasi yang didirikan diatas kernel Linux atau biasa disebut Distro Linux. openSUSE Project selaku pihak pengembang menciptakan sistem operasi ini dengan tujuan agar penggunaan Linux dapat lebih maju dengan kinerjanya yang stabil dan ramah pengguna. openSUSE ini lebih sering digunakan sebagai sistem operasi desktop/ server.


5. Mandrake (Mandriva)

   Sistem operasi Mandrake atau yang juga bisa disebut Mandriva Linux merupakan salah satu jenis Distro Linux yang kali ini dikembangkan oleh suatu perusahaan bernama Mandriva. Sama halnya dengan Fedora, sistem operasi Mandrake ini juga menggunakan sistem RPM Package Manager.


6. Debian

   Proses penamaan dari salah satu Distro Linux ini bisa dibilang cukup unik. Sang pencetus pertama kali yakni Ian Murdock memberi nama Debian karena merupakan kombinasi dari namanya dan mantan kekasihnya. Salah satu alasan mengapa Debian ini termasuk Distro Linux yang paling banyak digunakan adalah karena security-nya yang bagus .


7. Ubuntu

   Ubuntu merupakan suatu sistem operasi yang berbasiskan pada Debian dan dikembangkan oleh suatu perusahaan dari Afrika Selatan yang bernama Canonical ltd. Asal penamaan dari Ubuntu ini juga berasal dari bahasa Afrika Selatan yang berarti kemanusiaan. Dengan sifatnya sebagai OS open source, Ubuntu sengaja diprioritaskan untuk kepentingan umum atau server.


8. Mint

   Jika sebelumnya anda mengetahui bahwa Distro Linux yang bernama Ubuntu dibuat dengan berbasiskan pada Debian, maka kali ini ada Distro Linux yang berbasiskan pada Debian dan Ubuntu. Namanya adalah Mint atau yang biasa disebut Linux Mint.


9. Zorin

   Zorin ini merupakan salah satu Distro Linux yang memiliki tampilan grafis sangat mirip dengan Windows, bahkan termasuk pada aplikasi – aplikasinya. Sejak awal tujuan pembuatan sistem operasi ini memang agar para pengguna yang terbiasa dengan Windows dapat menikmati fitur dari Linux tanpa harus mengalami kesulitan.



Jadi teman-team di atas adalah beberapa contoh dari distro linux dan masih banyak contoh yang lainnya, sekian penjelasn tentang sistem operasi linux dari saya mohon maaf jika ada kekurangan. semoga tulisan ini bermanfaat . Terima kasih. ^__^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar